8.8.15

Bukan Sekedar Rekreasi di Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Gembira Loka Zoo merupakan nama sebuah kebun binatang yang berada di Yogyakarta, yang mempunyai koleksi satwa yang cukup banyak (lebih dari 100 spesies) serta mempunyai banyak wahana permainan yang menarik.

Kebun binatang ini mulanya merupakan “Kebon rojo”, yaitu tempat pemeliharaan satwa “klangenan” kesukaan raja keraton Yogyakarta yang kemudian di kembangkan menjadi kebun binatang untuk publik. Ide untuk menjadikan kebon rojo menjadi kebun binatang untuk publik ini berawal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933. yang kemudian mulai direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Pada tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII, yang beberapa tahun kemudian di ketuai oleh Tirtowinoto, pembangunan Kebun Rojo yang sempat tertunda, baru benar-benar dapat direalisasikan.

Untuk mencapai lokasi kebun binatang ini cukup mudah, karena berada di jalur utama yang lurus. Berjarak sekitar 4 km ke arah timur dari kawasan titik nol km kota Yogyakarta (ujung jalan Malioboro). Pengunjung bisa masuk melalui pintu timur yang berada di jalan Kebun Raya, atau melalui pintu barat yang berada di jalan Veteran (arah selatan dari perempatan SGM).
Transportasi keliling kebun binatang gembira loka yogya
(Transportasi keliling untuk mengantar pengunjung berkeliling melihat spot-spot menarik yang ada di Gembira Loka Zoo Yogyakarta | FB. Gembiralokazoo)


Jika pengunjung pertama kali datang ke kebun binatang ini, walaupun sudah disediakan peta serta papan penunjuk arah terkadang bingung menentukan lokasi satwa atau wahana mana yang paling menarik untuk dikunjungi terlebih dahulu. Hal ini wajar karena dengan luas lahan kebun binatang yang mencapai 20 ha, serta banyaknya koleksi satwa serta wahana permainan, sulit untuk menikmati semuanya sampai puas dalam 1 kali kunjungan.

Untuk lebih mudah lebih baik menggunakan Taring (transport keliling), semacam kereta mini yang rutenya mengelilingi kebun binatang ini atau bisa juga dengan menggunakan sepeda sewa.

Setelah tahu dimana lokasi satwa atau wahana yang paling menarik bagi kita, tentu akan lebih mudah mencapainya dengan berpedoman peta yang sudah disediakan. Sehingga kita bisa menghemat waktu perjalanan dan bisa menikmati wahana atau melihat satwa yang paling menarik bagi kita.

Fasilitas dan wahana permainan yang tersedia :

Kapal Katamaran

Dengan menaiki Kapal Katamaran yang berkapasitas 40 orang penumpang ini, pengunjung bisa mengelilingi danau buatan yang berlokasi di tengah kebun binatang gembira loka. Pengunjung bisa menaiki perahu ini dengan membeli tiket seharga Rp. 10.000 per orang di loket yang berada di lokasi naik/ turun kapal. Jika pengunjung membeli paket hemat di loket pintu masuk, harganya menjadi lebih murah, hanya Rp. 5.000 per orang.

melaju dengan speed boat di danau buatan kebun binatang gembira loka yogya
(Sensasi melaju dengan kecepatan tinggi dengan speed boat | FB. Gembiralokazoo)

Perahu speedboat

Pengunjung yang menyukai kegiatan yang menantang, naik speedboat dengan kecepatan tinggi mungkin menjadi salah satu wahana yang perlu di coba. Wahana speedboat seperti ini jarang di jumpai di tempat-tempat rekreasi lain, karena speed boat seperti ini biasanya hanya ada di wisata pantai atau waduk.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati sensasi melaju di atas air dengan kecepatan tinggi di wahana ini hanya Rp. 20.000 per orang.

Perahu senggol

Perahu senggol ini semacam bom-bom car atau mobil senggol yang berbentuk perahu. Pengunjung bisa mengendarai perahu ini dengan aman, tanpa kuatir menimbulkan kerusakan, walaupun bersenggolan dengan perahu yang di kemudikan pengunjung lain.

Kolam sentuh

Disini pengunjung bisa menyentuh secara langsung beberapa ikan yang terdapat di kolam tersebut. Ikan yang terdapat di kolam tersebut, tidak boleh ditangkap, hanya boleh di sentuh untuk mengenal lebih dekat dan merasakan sensasi menyentuh ikan yang ada di kolam itu secara langsung.

menangkap ikan di kolam tangkap  kebun binatang gembira loka yogya
(Anak-anak asyik bermain air dan menangkap ikan di kolam tangkap | FB. Gembiralokazoo)

Kolam tangkap

Kolam tangkap merupakan salah satu wahana favorit bagi anak-anak. Karena di kolam tangkap ini anak-anak bisa masuk ke dalam kolam untuk menangkap ikan. Disediakan jaring untuk menangkap dan plastik untuk mengumpulkan ikan hasil tangkapan. Dan tentu saja ikan hasil tangkapan bisa di bawa pulang.

Di dorong oleh semangat dan rasa penasaran yang tinggi,di kolam tangkap ini sering kali anak-anak memunculkan ide-ide kreatif mereka. Dengan mengamati arah pergerakan ikan, mereka sering mempunyai teknik atau trik tersendiri, bahkan kerja sama dengan anak lain untuk menangkap ikan yang jumlahnya ratusan.

Anak-anak biasanya betah berada di kolam ini dan orang tua bisa menyaksikan tingkah polah anak-anak mereka yang bersemangat untuk menangkap ikan.

Terapi ikan

Sambil menunggu anak-anak yang asyik bermain di kolam tangkap, pengunjung juga bisa melakukan terapi ikan (fish pedicure) yaitu terapi yang memanfaatkan gigitan-gigitan oleh ikan kecil dengan merendamkan kaki pada kolam terapi.

Ikan-ikan  kecil dan ompong yang ada pada kolam terapi ini akan menghisap dan menggigit dengan lembut kulit kering dan mati dari kaki. Ikan yang menggigit memberikan sensasi geli, dan Gigitan ikan ini diyakini dapat membantu membersihkan dan mengelupaskan kulit serta membantu melancarkan peredaran darah.

Sirkuit Motor ATV

Motor ATV (All Terrain Vehicle) adalah sebuah Kendaraaan yang bisa melalui segala medan. Motor ATV memiliki empat roda yang didesain sedikit besar dan tinggi. ATV ini mudah di kemudikan dalam kondisi jalan basah, naik, atau turunan bukit. Dengan desain rangka, roda dan kekuatan mesinnya, ATV melewati medan medan yang tidak bisa dilewati sepeda motor biasa

Pengunjung bisa mengendarai motor ATV di sirkuit tanah yang didesain khusus dengan biaya Rp. 20.000 per orang.

Gelar Satwa Terampil

Gelar Satwa Terampil merupakan pertunjukan Satwa yang digelar di kebun binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo).

Pengunjung bisa menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini tanpa dipungut biaya lagi alias Gratis. satwa yang ditampilkan pada pertunjukan seperti burung Kakak Tua Jambul Kuning, Linsang, Beruang Madu, Burung Kangkareng serta Orang Utan.

Pertunjukan ini di gelar setiap hari Senin-Jumat,  pukul 11.00, dan 13.00 wib. Sedangkan untuk hari Sabtu, di gelar 4 kali yaitu pukul  11.00, 12.00, 13,00, dan pukul 14.00 wib.

Pada hari Minggu dan hari libur Nasional, frekuensi pertunjukan di tambah menjadi 6 kali, yaitu pada pukul  10.00,11.00, 12.00, 13.00, 14.00, dan pukul 15.00 wib.

Gajah Tunggang

Setiap hari kecuali hari jum’at mulai pukul 09.00 – 15.30 wib, pengunjung bisa mencoba merasakan sensasi menunggang gajah. Tidak perlu takut tidak bisa mengendalikan gajah tersebut, karena sang pawang yang akan mengendalikan gajah tersebut. Penumpang cukup duduk manis di kursi yang disediakan di belakang pawang.

Onta tunggang

Setiap hari kecuali hari jum’at mulai pukul 10.00 – 15.30 wib, pengunjung juga bisa mencoba merasakan sensasi menunggang onta. Pengunjung bisa menunggang onta yang dituntun oleh pawang mengelilingi rute yang tersedia, bersama keluarga.

Feeding time 

Pengunjung bisa menyaksikan bagaimana cara makan beberapa satwa pada pertunjukan Feeding time. Yaitu pertunjukan memberi makan pada binatang yang dilakukan pada jam makan satwa.

Feeding time dilakukan setiap hari, pada waktu antara jam 10.30 sampai selesai.  Jadwal feeding time sebagai berikut : 
  • feeding time Simpanse dimulai pukul 10.30 WIB
  • feeding time Arapaimaa dimulai pukul 11.00 WIB
  • feeding time Ular dimulai pukul 11.30 WIB
  • Feeding time pucuk hitam, pukul 11.30 WIB

Khusus setiap Hari Minggu/Hari libur Nasional:
  • feeding time Harimau dimulai pukul 12.00 WIB

Atraksi Gajah

Atraksi Gajah di gelar setiap Hari Minggu atau Hari libur Nasional, dimulai pukul 10.00 WIB.

Masih banyak wahana menarik lain yang belum disebutkan, dan tentu saja taman burung yang berisi ratusan jenis burung yang di lepas bebas, akuarium dengan ratusan jenis ikan serta museum satwa, juga tidak kalah menarik untuk di kunjungi.

Kebun binatang yang mempunyai slogan “Bukan sekedar rekreasi” ini, buka setiap hari mulai jam 07.30 – 17.30 wib.

Sedangkan harga tiket masuk kebun binatang Gembira Loka adalah Rp20.000 untuk hari kerja & Rp25.000 untuk akhir pekan & hari libur, yang mulai berlaku 3 Agustus 2015.


1 komentar: