26.6.15

Tipe Kamar Hotel Berdasarkan Jumlah Tempat Tidur

Ketika melakukan sebuah perjalanan, terkadang kita perlu tempat menginap seperti hotel atau tempat penginapan lain.

Jika kita melakukan pejalanan sendirian, kita bisa bebas memilih tempat menginap dengan tipe kamar apa saja. Namun jika kita bepergian dengan orang lain atau berombongan, tentu kita akan mempertimbangkan jenis kamar apa yang akan kita pesan sesuai dengan jumlah tempat tidurnya. Karena bisa jadi kita membutuhkan 1 kamar atau lebih, tergantung ketersediaan tipe kamar yang kosong.

Agar kita bisa lebih mudah menentukan berapa kamar yang harus kita pesan, mungkin kita perlu sedikit mengenal tipe-tipe kamar hotel berdasarkan jumlah tempat tidur yang tersedia.

Kamar Hotel Tipe Single Room

kamar hotel single room
( Kamar single room | img : 1001malam.com )


Kamar Hotel Tipe Single Room merupakan kamar yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur single (Single Bed) yang biasanya berukuran 90cm x 195cm, yang idealnya digunakan untuk satu orang dewasa.

Kamar Hotel Tipe Twin Room

kamar hotel twin room
( Kamar twin room | img : warnawisata.com )


Merupakan sebuah kamar yang dilengkapi dengan 2 buah tempat tidur dengan ukuran yang sama (twin). Tempat tidur yang tersedia untuk tipe kamar ini, biasanya ukuran single bed, sehingga kamar hotel tipe twin room ini idealnya di gunakan untuk dua orang dewasa.

Kamar Hotel Tipe Double Room

kamar hotel double room
( Kamar Double Room| img : whycity.net )


Kamar ini merupakan kamar dengan tempat tidur yang berukuran double bed atau large bed.  Tempat tidur ukuran double bed bisa digunakan untuk dua orang dewasa. Dalam satu kamar hanya terdapat satu buah tempat tidur.

Kapasitas ideal kamar hotel tipe Twin Room dan Tipe Double Room sama, yaitu hanya untuk dua orang. perbendaannya jika pada kamar tipe twin room terdapat 2 tempat tidur, masing-masing tempat tidur untuk satu orang, sedangkan pada tipe double room terdapat satu tempat tidur untuk 2 orang.

Kamar Hotel Tipe Triple Room / Family Room

 
Kamar Family/ Triple Room
(Kamar Family/ Triple Room | img : tripadvisor.com)

Kamar HotelTipe Triple Room biasanya disebut dengan family room, karena bisa digunakan untuk sebuah keluarga kecil.
Pada kamar tipe ini terdapat satu tempat tidur ukuran single bed dan satu tempat tidur ukuran double bed. Ada juga hotel yang menyediakan 3 buah tempat tidur  ukuran single untuk kamar tipe ini.

Gambaran tipe kamar hotel menurut jumlah tempat tidurnya tersebut diatas, hanyalah sebuah gambaran umum terkait jumlah tempat tidurnya. Namun ukuran tempat tidur yang digunakan masing-masing hotel bisa berbeda. Misalnya kamar tipe single room, walaupun sebenarnya kamar ini untuk satu orang, namun ukuran tempat tidur yang tersedia di tiap hotel bisa berbeda. Ada yang ukurannya memang standar hanya cukup untuk 1 orang dewasa. Namun terkadang ada yang cukup besar, sehingga bisa digunakan untuk dua orang dengan nyaman tanpa berdesak-desakan.

Jika tempat tidur yang tersedia tidak mencukupi sesuai jumlah orangnya, sementara kamar kosong yang lain tidak tersedia karena penuh (full book) atau karena memang kita tidak menginginkan kamar tidur lain, kita bisa meminta extra bed kepada petugas hotel.

Extra bed merupakan tempat tidur tambahan yang biasanya berupa kasur lipat ukuran single dengan kualitas yang tidak terlalu jauh beda dengan kualitas tempat tidur yang tersedia di kamar.


1 komentar:

  1. wow seru banget baca tulisan tipe apa saja tipe kamar hotel. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui informasi fasiltas yang ada di hotel.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai
    review kamar hotel yang bisa kamu kunjungi di http://kamarhotel.web.id

    BalasHapus