13.8.15

Sentra Kerajinan Gerabah dan Souvenir Kasongan Yogyakarta

Salah satu obyek menarik untuk di kunjungi di Yogyakarta, terutama untuk berburu kerajinan seni gerabah untuk hiasan, souvenir atau untuk oleh-oleh adalah sentra kerajinan gerabah yang berada di Kasongan, Bantul. Sentra kerajinan gerabah  ini lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Yogya, sekitar 7 km dari pusat kota.

Sentra kerajinan ini berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul, Yogyakarta.

Gerabah pada mulanya hanya di buat untuk mainan anak-anak atau untuk peralatan rumah tangga. Boleh dikatakan lebih mengutamakan fungsi, daripada nilai seni. sehingga pada waktu itu gerabah memang belum menjadi sebuah produk seni. Bentuknya monoton, seolah sudah menjadi pakem.

sentra kerajinan gerabah, keramik dan souvenir pernikahan di kasongan yogyakarta
Gapura sentra kerajinan gerabah di Kasongan Yogyakarta | antaranews.com

Sejak tahun 1971-1972, Kasongan mengalami kemajuan cukup pesat. seorang seniman besar Yogyakarta , bernama Sapto Hudoyo membantu mengembangkan seni mengolah gerabah di desa tersebut.

Masyarakatnya yang sebagian besar pengrajin, dibina untuk memberikan berbagai sentuhan seni dan komersial bagi desain kerajinan gerabah sehingga gerabah yang mulanya membosankan dan monoton, berubah menjadi barang yang mempunyai nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi.

Seiring berjalannya waktu, hasil kerajinan Kasongan semakin baik kualitas serta nilai seninya. Produksinya pun tidak hanya gerabah , namun juga berkembang ke produksi keramik, porselin yang bagus. Sehingga semakin orang banyak yang menyukainya. Bahkan mulai tahun 1980 an,  oleh Sahid Keramik kerajinan produksi Kasongan mulai di kembangkan dalam skala besar.

Hasil kerajinan dari gerabah yang diproduksi oleh Kasongan pada umumnya berupa , pot dengan berbagai ukuran (dari ukuran yang kecil hingga ukuran besar), guci dengan berbagai motif (motif bunga, burung, naga,  dan beberapa motif lainnya), souvenir, pigura, hiasan dinding, perabotan seperti meja dan kursi, dll.

Namun seiring dengan banyaknya permintaan konsumen, kemudian kerajinan yang diproduksi semakin berkembang dan bervariasi. Mulai dari hiasan seperti bunga tiruan dari daun pisang, topeng-topengan dari kayu, perabotan dari bambu,  alat permainan edukasi berbahan kayu, alat untuk kesehatan seperti alat pijat, alat untuk refleksi kaki maupun tangan dan lain sebagainya.

Produk-produk kerajinan tidak hanya diminati oleh para wisatawan yang datang ke Jogjakarta, namun juga oleh pedagang barang kerajinan dan seni dari luar kota bahkan dari luar negeri.

Hasil kerajinan yang berkualitas bagus dan bernilai seni tinggi itu, cukup banyak peminatnya di luar negeri. Sehingga tidak heran jika produk-produk tersebut telah banyak diekspor ke mancanegara seperti Eropa dan Amerika..

Kebiasaan yang sudah mulai menjadi budaya untuk memberikan souvenir kepada para tamu undangan dalam resepsi pernikahan, ditangkap sebagai peluang oleh para pengrajin. Bahkan sa’at ini . Kasongan,  juga sudah mulai dikenal sebagai salah satu sentra souvenir pernikahan. Pesanan yang datang tidak hanya dari dalam kota, namun juga dari beberapa kota lain.

kerajinan dan souvenir pernikahan kasongan yogyakarta
(Seorang pengrajin sedang mewarnai souvenir pernikahan di Kasongan, Yogyakarta | kabbantul.go.id)

Umumnya para pemesan memesan souvenir sesuai dengan contoh-contoh souvenir yang sudah jadi, namun tidak sedikit yang memesan souvenir dengan desain rancangan mereka sendiri.

Selain kualitasnya yang bagus, desainnya unik, menarik, serta memiliki varian yang beragam, souvenir dari Kasongan harganya terkenal cukup murah sesuai dengan kualitas, ukuran dan tingkat kesulitan produksinya.

Sekarang sudah banyak kios ataupun galeri seni yang memajang aneka produk menarik berjajar di sepanjang jalan setelah pintu gapura Kasongan.

Wistawan selain bisa membeli kerajinan di  showroom yang berjajar rapi di kanan-kiri jalan, mereka bisa juga melihat langsung, bahkan ikut membuat keramik di workshop para pengrajin.

Selain banyaknya produk kerajinan yang unik, setiap tahun juga diadakan festival seni Kasongan, sehingga membuat kunjungan ke Kasongan menjadi sebuah wisata kerajinan dan menjadikannya desa tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.
                       

Tips memesan kerajinan atau souvenir di Kasongan, Yogyakarta:

Banyaknya pengrajin yang memproduksi kerajinan dan souvenir dengan desain masing-masing, seringkali membuat bingung untuk memilih desain yang akan dipesan. Sedangkan untuk mengunjungi masing-masing workshop atau galeri, membutuhkan waktu karena lokasinya yang kadang berjauhan. Namun dengan adanya sentra perdagangan dengan banyak kios yang menawarkan berbagai macam produk, tentu memudahkan orang yang ingin memesan souvenir. Dengan mengunjungi sebuah kios kerajinan, melihat model dan desain. Jika belum menemukan yang sesuai keinginan, bisa mengunjungi kios yang lain yang ada disana.


2 komentar: