15.6.15

Mengenal Jenis-jenis Penginapan

Ketika melakukan sebuah perjalanan ke suatu kota , baik untuk keperluan bisnis, wisata ataupun untuk keperluan lainnya,  terkadang kita membutuhkan tempat untuk menginap dan kebanyakan kita lebih familiar dengan nama hotel.

Padahal ada banyak jenis penginapan selain hotel, yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Agar tidak bingung memilih penginapan yang sesuai, mari kita coba mengenal sedikit jenis-jenis penginapan.

Kamar sebuah hotel di Yogyakarta

Hotel

Hotel merupakan tempat menginap yang menyediakan akomodasi yang menyediakan kamar serta fasilitas dan pelayanan jasa. Hotel umumnya di kelola secara profesional dengan standar operasional dan fasilitas sesuai aturan yang berlaku.

Hotel di golongkan dalam 2 kelas sesuai dengan fisik bangunan, pelayanan serta operasional, yaitu hotel kelas melati dan hotel berbintang. Hotel kelas melati merupakan istilah lain yang digunakan untuk menyebut losmen. Sedangkan kelas hotel berbintang dibagi dalam 5 kelas, yaitu kelas 1 hingga kelas 5.

Losmen

Losmen merupakan tempat menginap yang biasanya hanya menyediakan kamar dan makan pagi saja dengan fasilitas yang sangat terbatas. sehingga ada yang menyebut losmen ini sebagai hotel Bed & Breakfast (tempat tidur dan sarapan).

Istilah losmen ini sendiri sudah jarang didengar, karena sesuai dengan kreteria yang ditetapkan dinas terkait, losmen termasuk golongan hotel kelas melati dan sekarang orang juga lebih suka menyebut losmen ini sebagai hotel kelas melati.

Guest House

Guest House merupakan tempat menginap yang menyerupai sebuah rumah tinggal biasa. Kamar-kamar tidur dapat digunakan secara pribadi oleh masing-masing tamu, sedangkan ruang lain seperti ruang tamu, ruang makan, dapur dan ruang lainnya, digunakan bersama-sama dengan tamu lainnya.

Ada petugas yang mengelola agar semua fasilitas yang disediakan dapat digunakan sebagaimana mestinya dan memberikan layanan secara terbatas kepada para tamu.

Pemilik/ pengelola biasanya tinggal di sekitar Guest house atau dibagian lain bangunan tempat penginapan tersebut.

Homestay.

Home stay merupakan rumah tinggal biasa dengan beberapa kamar yang sudah ditambahi sarana dan fasilitas yang sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku, agar bisa disewakan kepada para tamu.

Home stay sebenarnya tidak berbeda dengan guest-house, hanya saja biasanya pemilik rumah tinggal dalam bangunan penginapan tersebut bersama tamu.

Secara sederhana Homestay merupakan rumah tinggal pribadi yang kamar-kamarnya bisa disewa oleh para tamu.

Pengelola Homestay umumnya adalah si pemilik bangunan penginapan itu sendiri.

Villa di kaliurang Yogyakarta

Villa atau Cottage.

Villa merupakan sebuah tempat penginapan yang terdiri dari beberapa bangunan yang biasanya berada di daerah sekitar tempat wisata, dengan dilengkapi dengan fasilitas hotel.

Secara fisik sebenarnya Villa merupakan hotel yang berbentuk bangunan rumah. Seringkali ada beberapa unit bangunan yang terpisah-pisah dalam satu kawasan.

Fasilitas maupun layanan kamar disediakan seperti halnya hotel. Bahkan untuk villa mewah failitasnya serta layanannya seperti layaknya hotel berbintang. Ada petugas tersendiri pada tiap-tiap unit villa, yang bertugas menyediakan fasilitas  serta layanan sesuai standar yang berlaku.

Cottage atau Villa mempunyai kreteria yang sangat mirip atau boleh dibilang sama. Yang membedakan biasanya villa berada di daerah dataran tinggi yang berhawa dingin, sedangkan Cottage biasanya berada didaerah sekitar pantai atau danau.

Motel

Motor hotel atau lebih dikenal dengan istilah Motel merupakan tempat penginapan seperti hotel yang mempunyai pintu masuk sendiri-sendiri dan memiliki tempat parkir tamu atau garasi khusus di setiap ruangan.

Tamu motel umumnya hanya menyewa kurang dari 24 jam, karena biasanya bangunan penginapan ini terdapat di antara dua kota besar, yang digunakan para pengendara mobil untuk beristirahat  sesudah perjalanan jauh dan baru meneruskan perjalanannya pada keesokan harinya atau orang yang memang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi sehingga membutuhkan tempat yang mendukung aktifitasnya.

 Inn/Lodge

Merupakan penginapan sederhana yang umumnya terletak dipinggir kota atau tempat transit, dengan failitas yang sangat terbatas. Karena penginapan ini biasanya digunakan para tamu singgah untuk sekedar beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Hostel

Hostel merupakan penginapan  yang tak jauh berbeda dengan hotel kelas melati atau losmen, dengan kamar-kamar sederhana. Fasilitas yang disediakan sangat terbatas, termasuk kamar tidur. Tak jarang hostel menyediakan kamar dengan fasilitas tempat tidur bertingkat seperti yang ada pada asrama, sehingga dalam satu kamar bisa digunakan untuk banyak orang.

Untuk kamar yang kecil biasanya bisa digunakan untuk tidur 2 sampai 4 orang, sedangkan untuk kamar yang agak besar bisa digunakan hingga 10 orang.

Kamar mandi serta fasilitas lainnya berada di luar kamar dan bisa digunakan bersama-sama dengan tamu lainnya.

Karena biaya sewa penginapan serta kapasitanya yang biasanya cukup besar, hostel cocok digunakan untuk tamu rombongan, misalnya untuk study tour.

Dengan mengetahui jenis-jenis penginapan, kita bisa lebih mudah memilih tempat penginap yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan

Selain jenis penginapan, mungkin kita juga perlu mengetahui tipe kamar penginapan berdasarkan jumlah tempat tidurnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar