5.8.15

Cara Mencari Hotel Yang Murah Dan Nyaman

Mencari Hotel Yang Murah Dan Nyaman menjadi kegiatan tersendiri bagi seorang yang sedang melakukan sebuah perjalanan. Mencari Hotel murah mungkin bukan suatu yang sulit, karena banyak sekali hotel murah yang tentu saja dengan fasilitas dan layanan yang sesuai atau mungkin dibawah standar. Namun mencari hotel yang nyaman, itu membutuhkan sebuah upaya. Dan ini mungkin bisa menjadi agak sulit, karena ukuran nyaman bagi setiap orang bisa berbeda-beda.

Fasilitas dan layanan Hotel berbintang yang bagus mungkin nyaman untuk banyak orang, namun belum tentu nyaman untuk sebagian orang yang lainnya.

Terkadang orang tidak terlalu memperhatikan mengenai fasilitas standar yang disediakan sebuah hotel, namun dia justru memperhatikan fasilitas tambahan serta layanannya. Karena hotel dengan kelas yang sama, baik hotel berbintang ataupun hotel kelas melati (losmen), biasanya mempunyai fasilitas standar yang hampir sama sesuai kelasnya. Namun fasilitas tambahan seperti misalnya taman, kolam renang dan sebagainya serta layanan yang diberikan bisa saja berbeda. Fasilitas tambahan dan layanan tersebut seringkali menciptakan sebuah suasana yang unik, berbeda disetiap hotel. Nah suasana inilah yang seringkali menentukan ukuran nyaman dan tidaknya bagi setiap orang.

Mencari hotel yang murah dan nyaman untuk saat ini cukup mudah, karena banyak media atau cara yang bisa kita gunakan. Beberapa cara yang bisa kita gunakan antara lain :

Penelusuran Online

Penelusuran online menggunakan media internet sudah mulai banyak digunakan, bahkan tidak sedikit orang yang sering melakukan perjalanan antar daerah atau antar negara, menjadikan penelusuran online ini sebagai cara yang diandalkan untuk mencari hotel murah yang sesuai dengan anggarannya.

Informasi mengenai hotel murah ini bisa kita cari di berbagai website resmi milik hotel,  website travel agent maupun website penyedia voucher/ diskon hotel.

website resmi hotel
(Tampilan sebuah website resmi hotel)

Website resmi hotel

Dari website resmi hotel ini kita bisa mendapatkan informasi mengenai harga, fasiltas serta layanan yang tersedia. Harga yang tercantum di website tersebut biasanya merupakan harga standar yang ditawarkan. Pada waktu-waktu tertentu mereka menawarkan harga khusus atau harga promo untuk umum atau hanya untuk tamu yang tercatat sebagai pelanggan disana. Tentu saja jika mempunyai kartu pelanggan seringkali mendapat diskon khusus maupun layanan tambahan, terlepas ada kegiatan promo atau tidak.

Jika kita tidak mempunyai kartu pelanggan, untuk mendapatkan harga murah atau harga diskon kita bisa mencari voucer diskon atau booking melalui website penyedia voucer diskon hotel ataupun website travel agent.

Website resmi hotel biasanya menampilkan foto fasilitas-fasilitas yang mereka tawarkan, terutama fasilitas atau layanan yang jadi unggulan mereka. Sehingga kita bisa menilai apakah fasilitas dan layanan itu sesuai dengan yang kita inginkan, walaupun sebenarnya agak sulit menilai sesuatu hanya dari foto saja.

Namun sayangnya kebanyakan website resmi hotel ini jarang diupdate dan dianggap tidak obyektif untuk penilaian.

Menelusuri website penyedia voucer diskon hotel

Ada banyak website penyedia voucer diskon yang menawarkan harga yang murah untuk berbagai tipe kamar hotel. Diskon yang mereka tawarkan terkadang sangat besar hingga mencapai 75%, terutama untuk pemesanan kamar hotel yang dilakukan jauh-jauh hari, misal 2-3 bulan sebelumnya.
Kita bisa membandingkan penawaran harga dan mempelajari review hotel dari beberapa website penyedia voucer diskon, untuk mendapatkan penawaran yang paling bagus.

Website semacam ini biasanya sering mengupdate informasi mengenai hotel-hotel yang bekerjasama dengan mereka, baik mengenai perubahan harga/ diskon, penambahan fasilitas serta layanan hotel dan penilaian dari tamu yang pernah menginap di hotel.

Penilaian dari tamu ini bisa menjadi referensi bagi kita untuk menilai apakah hotel tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

website penyedia voucer diskon hotel
(tampilan sebuah website penyedia voucer diskon hotel)

Booking online

Setelah kita mendapatkan penawaran harga terbaik dari website penyedia voucer diskon hotel, kita bisa langsung melakukan booking online melalui website tersebut.

Namun jika kita ragu untuk membooking online, kita bisa kunjungi terlebih dahulu hotel yang kita inginkan, untuk melihat kondisi hotel serta rate harganya.

Orang-orang yang cukup jeli dan berpengalaman seringkali bisa menilai sebuah hotel dengan melihat lobbynya.

Setelah kita merasa sesuai dengan harga dan kondisi hotel, kita bisa membandingkan harga yang bisa diperoleh jika membooking secara langsung dengan booking secara online. Namun seringkali dengan booking secara online bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Booking melalui Travel Agent baik secara langsung maupun secara online

Terkadang ada yang masih berfikir bahwa melakukan pemesanan kamar hotel melalui pihak ketiga seperti travel agent pasti akan lebih mahal, karena pihak travel agent akan menaikkan tarif  kamar dengan menambahkan keuntungan yang mereka inginkan.

Travel agent yang sudah menjalin kerjasama dengan hotel akan mendapatkan harga atau diskon khusus. Diskon khusus tersebut kemudian ditawarkan kepada pelanggan, sedangkan pihak travel agent mengambil sedikit diskon untuk keuntungannya. Sehingga mereka bisa memberikan harga yang lebih murah daripada harga standar yang ditawarkan pihak hotel.

Secara ringkas bisa kita dapatkan beberapa keuntungan melakukan booking kamar hotel melalui travel agent, baik secara langsung maupun melalui online :

Travel agent bisa memberikan informasi beberapa hotel dan membandingkannya, mana hotel yang paling sesuai serta nyaman untuk ukuran kita,

Kita bisa mendapatkan harga yang paling murah atau setidaknya sesuai dengan anggaran kita, karena Travel agent biasanya menawarkan diskon harga sewa kamar yang cukup besar.

Travel agent bisa memberi rekomendasi hotel mana yang sesuai dengan keinginan kita, Jika kita kebingungan memilih,

penawaran diskon dari bank penerbit credit card
(penawaran diskon dari sebuah bank penerbit kartu kredit)

Reward Card

Jika kita menggunakan credit card untuk melakukan pembayaran, biasanya ada fasilitas reward card yang diberikan dalam bentuk poin. Kita bisa mencari informasi apakah fasilitas tersebut bisa ditukarkan dengan voucher diskon hotel.

Bank penerbit Credit card sa’at ini saling berlomba untuk memberikan layanan dan fasilitas untuk menarik pelanggan. Salah satu fasilitas yang digunakan untuk menjaga pelanggannya agar sering menggunakan kartu kredit untuk melakukan berbagai pembayaran adalah dengan memberikan reward berupa point-point yang nantinya bisa ditukarkan dengan suatu produk atau layanan di beberapa tempat yang sudah bekerja sama dengan pihak bank.

Poin reward credit card ini umumnya bisa ditukarkan dengan voucer diskon hotel, maupun fasilitas/ layanan tambahan dari sebuah hotel. Penukaran poin tersebut tentu saja hanya bisa dilakukan di hotel secara langsung, travel agent maupun pihak-pihak lain yang sudah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit tersebut.

Penerbit credit card yang sudah bekerja sama dengan pihak hotel atau dengan Travel agent, mengijinkan poin-poin dari fasilitas  reward card tersebut untuk ditukar dengan voucher diskon hotel atau potongan harga untuk tipe kamar tertentu.

Booking pada waktu low Season hotel

Biasanya setelah musim liburan selesai, jumlah tamu yang menginap di sebuah hotel akan berkurang (low season). Pada sa’at seperti itu seringkali pihak hotel akan menawarkan tarif promo untuk menarik pelanggan. Kita bisa memanfaatkan harga promo yang ditawarkan pihak hotel untuk mendapatkan tarif kamar yang lebih murah, dengan fasilitas yang sama.

Beli paket perjalanan

Paket perjalanan atau sebuah paket liburan sering kali menawarkan harga tarif yang jauh lebih murah dibanding tarif reguler. Misalnya kita membeli tiket pesawat dan memesan kamar hotel sendiri-sendiri, total biaya yang harus dikeluarkan akan lebih mahal dibanding total biaya yang harus dikeluarkan dengan membeli paket tiket pesawat dan hotel sekaligus.

Hanya saja terkadang kita tidak bisa memilih hotel yang kita inginkan, kecuali antara pihak maskapai dan hotel sudah bekerja sama atau ditangani oleh sebuah travel agent.

Bertanya kepada sopir mobil rental

Opsi terakhir ini hanyalah sebuah alternatif yang bisa kita gunakan jika kita belum puas dengan pencarian kita dengan beberapa cara diatas.

Sebuah persewaan mobil umumnya menerapkan kebijakan minimal 4 atau 12 jam waktu sewa. Rental mobil biasanya juga menyediakan sopir. Sopir mobil rental ini akan menemani/ mengantar kemanapun tamu penyewa pergi, termasuk ke hotel.

Sopir mobil rental yang sudah berpengalaman tentu mempunyai pengetahuan mengenai hotel karena kemungkinan besar sering mengantar tamunya kesana. Tidak seperti kebanyakan sopir taksi yang hanya mengantar dan menjemput tamu. Sopir mobil rental seringkali harus menunggu di hotel sampai tamu siap untuk perhi lagi. Selama menunggu ini, sopir biasanya berinteraksi dengan banyak orang yang ada disana termasuk karyawan hotel. Dari situlah kebanyakan sopir mobil rental mempunyai sedikit pengetahuan mengenai hotel tersebut. Bahkan tidak jarang sopir bisa berinteraksi dengan tamu hotel yang lain, sehingga pengetahuan dari sudut pandang yang berbeda mengenai hotel tersebut bertambah. Semakin banyak tamu yang diantar, semakin banyak pengalaman dan pengetahuan sopir tersebut. 

Cara mencari hotel yang murah dan nyaman diatas hanyalah sebagian cara saja, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat J
(img source : pegi-pegi.com, 1001malam.com, nginapmana.com,)





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar