13.8.15

Di atas Awan Puncak Suroloyo Yogyakarta

Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik, tidak hanya yang tempat wisata yang populer seperti jalan Malioboro, Tugu, keraton, benteng vredebreg,  Gembira Loka Zoo dan tempat wisata populer lainnya. Namun masih banyak tempat-tempat lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah puncak Suroloyo, yaitu puncak tertinggi di perbukitan Menoreh.

Perbukitan Menoreh  memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter diatas permukaan laut (dpl), membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pada ketinggian di atas 500 meter dpl biasanya hawa daerah tersebut cukup dingin, sehingga wajar jika puncak Suroloyo yang memiliki ketinggian 1.019 m dpl ini mempunyai udara yang dingin.

Bukan hanya udara dingin yang membuat puncak Suroloyo yang berada di wilayah Kulonprogo,Yogyakarta ini  menjadi menarik untuk di kunjungi, namun pemandangan dari puncak itu memang sangat indah.

Pemandangan dari tempat wisata puncak Suroloyo Yogyakarta
(Pemandangan dari puncak Suroloyo Yogyakarta)

Dari puncak perbukitan itu kita dapat melihat dengan jelas puncak beberapa gunung seperti gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan gunung Sumbing. Bahkan jika cuaca cerah, tanpa kabut kita bisa melihat kemegahan Candi Borobudur. Sebuah pemandangan yang sangat sulit dilihat dari tempat manapun.

Di kawasan Puncak Suroloyo terdapat tiga buah gardu pandang berupa pendopo yang masing-masing diberi nama pertapaan Suroloyo, Sariloyo dan pertapaan Kaendran.

Pendopo pertama ialah Pertapaan Suroloyo. Lokasi Pertapaan Suroloyo berada di paling bawah dibandingkan dengan dua pendopo lainnya. Dari sini kita dapat melihat Candi Borobudur.

Pendopo kedua bernama Pertapaan Sariloyo yang terletak 200 meter ke arah barat. Dari Pertapaan Sariloyo, kita bisa memandang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Pendopo  ketiga  diberi nama Pertapaan Kaendran.Untuk mencapai pendopo ketiga, kita harus naik tangga sekitar 200 meter. Dari tempat ini secara samar-samar akan terlihat warna biru berbatas dengan abu-abu yang merupakan Pantai Glagah di Kulonprogo.

Pendopo gardu pandang di puncak Suroloyo Yogyakarta
(Pendopo gardu pandang di puncak Suroloyo)

Untuk mencapai tempat itu Ada dua jalur yang bisa dipilih, pertama adalah rute Jalan Godean - Sentolo - Kalibawang dan rute kedua melalui Jalan Magelang - Pasar Muntilan – Kalibawang.

Jika dari kota mungkin bisa di mulai dari Tugu Yogya ke arah barat menuju Jl. Godean. Dari sana terus berjalan ke arah Barat hingga perempatan Kenteng belok ke kanan ke arah Sendang Sono, Kalibawang. Setelah menanjak di perbukitan Kalibawang, terdapat persimpangan yang menunjukkan ke arah Sendang Sono dan Puncak Suroloyo.

Perjalanan untuk menuju Puncak Suroloyo merupakan petualangan tersendiri yang penuh dengan tantangan. Jalanan sempit dengan tanjakan curam, kelokan tajam, yang diapit antara bukit dan jurang menjadi perjalanan yang mendebarkan. Jalan menuju Puncak Suroloyo bisa dilalui dengan motor, namun jika menggunakan mobil harus berhati-hati karena lebar jalan hanya sebesar 3 meter.

Pemandangan indah yang terhampar, membuat perasaan takut itu akan tergantikan dengan ketakjuban ketika melihat perbukitan nampak berdiri kokoh melindungi kawasan perdesaan di lembah yang dikelilingi areal persawahan dan ladang. Warna hijau pepohonan berpadu dengan biru langit dan putihnya mega, tampak di sejauh mata memandang.


1 komentar: